Selasa, 24 Agustus 2010

1. BUDAYA KERJA BALAI DIKLAT APARATUR (BDA) SUKAMANDI DISAMPAIKAN DALAM RANGKA DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN II DAN III A T M N E N T A P R E E K A U L R N N K E A A I P D A N D E 2. LANDASAN HUKUM * Keputusan Menpan Nomor SE/13/M.PAN/4/2004 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara Jo Keputusan Menpan Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002, 25 April 2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara 3. KONDISI SOSIAL DEWASA INI * Kurang mematuhi aturan * Melawan APH * Tidak memperdulikan etika, kesopanan, & norma yg berlaku * Sikap arogran * Kurang disiplin * Kurang konsisten dlm tugas * Kurang peduli/menurunnya rasa tanggung jawab moral & profesional Akibatnya kepercayaan kepada pemerintah menurun Adanya Tuntutan Perubahan Perilaku Sosial LANGKAH2 KONSTRUKTIF: PERBAIKAN SIKAP PERILAKU MORAL DAN SEMANGAT SERTA PENGABDIAN MELALUI PBK-AN 4. PENGERTIAN PBK UPAYA TERENCANA DAN SISTEMATIS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN/ PEMBANGUNAN PELAYANAN MASYARAKAT MENINGKATKAN KINERJA * Menumbuhkan * Menyadarkan * Mengembangkan * Menerapkan Nilai2 Budaya Kerja 5. * Mengandung pola nilai, sikap, tingkah laku, hasil karsa dan karya termasuk instrumen, sistem kerja, kebudayaan serta bahasa yang digunakan * Berkaitan dengan persepsi terhadap nilai-nilai dan lingkungannya, melahirkan makna dan pandangan hidup yang akan mempengaruhi sikap dan tingkah laku dalam bekerja PENGERTIAN 6. * Budaya merupakan hasil dari pengalaman hidup, kebiasaan serta proses seleksi (menerima/menolak) norma yang ada dalam cara berinteraksi sosial atau menempatkan dirinya di tempat tugas * Dalam proses budaya terdapat saling ketergantungan ( interdependensi ) baik sosial maupun non sosial PENGERTIAN (Lanjutan) 7. TUJUAN DAN SASARAN PBK * ETIS * DISIPLIN * TERTIB * PROFESIONAL * BERAKHLAK MULIA * BERTANGGUNG JAWAB * PRODUKTIF * Menumbuhkembangkan nilai2 moral & budaya kerja produktif * Memperbaiki persepsi, pola pikir, dan perilaku aparatur negara * Meningkatkan kinerja aparatur negara * Memperbaiki citra aparatur negara MENCIPTAKAN TUJUAN * PENINGKATAN ETOS KERJA * TERTIB KERJA * PRODUKTIVITAS KERJA/KINERJA * KUALITAS YANMAS KARAKTER APARATUR SASARAN IKLIM/SUASANA KERJA 8. * Memberikan tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk melakukan sesuatu * Mempermudah pembuatan keputusan * Menentukan cara melihat dan memahami persoalan * Memberikan arti, makna dan signifikasi masalah * Sifatnya sesaat dan permanen FUNGSI NILAI BUDAYA KERJA 9. * Komitmen dan Konsisten (thdp Visi, Misi dan Tujuan Organisasi) NILAI-NILAI DASAR * Wewenang dan Tanggung Jawab Memegang teguh sepenuh hati dan berjanji melaksanakan tugas secara taat untuk mencapai tujuan Melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab dengan baik agar tidak ada pihak lain yang dirugikan * Keikhlasan dan Kejujuran * Rela sepenuh hati, tumbuh dari lubuk hati, dan tidak mengharapkan imbalan/balasan * Keberanian utk mengatasi dirinya sendiri, berani menolak dan bertindak melawan segala kebatilan 10. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Integritas dan Profesionalisme * Integritas adalah tidak diragukan lagi serta selalu konsisten dalam kata dan perbuatan * Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar * Kreativitas dan Kepekaan * Kreatifitas berarti mempunyai ide-ide baru dan inovatif yang muncul spontan untuk hal penting dan mendesak * Kepekaan adalah respon seseorang atau organisasi dalam menghadapi suatu peristiwa yang dapat menguntungkan, merugikan atau membahayakan 11. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Kepemimpinan dan Keteladanan * Kepemimpinan merupakan seni mengendalikan organisasi secara cerdik, pandai, berpengalaman, peka, proaktif, selalu dekat dgn yg dipimpin, visioner, dan bertindak selaku sumber perubahan dan pembaharuan * Keteladanan adalah sikap & perilaku baik sadar maupun tidak dari seorang pemimpin yg dipersepsikan oleh bawahannya sbg sesuatu yg mendorongnya utk mencontoh * Kebersamaan dan Dinamika Kelompok * Kebersamaan adalah sikap/perilaku sekelompok orang yg secara bersama-sama menunjukkan tingkah laku secara spontan * Dinamika kelompok adalah cara kerja kelompok yg dinamis, kreatif, dan sinergis dlm melayani dan atau mencapai sasaran kerja secara menyeluruh 12. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Ketepatan dan Kecepatan * Ketepatan adalah mengena sasaran, mencapai tujuan, ketelitian, dan bebas kesalahan * Kecepatan merupakan penggunaan waktu secara efisien * Rasionalitas dan Kecerdasan Emosi * Rasionalitas adalah berpikir cerdas, obyektif, logis, sistematik, dan melibatkan proses ilmiah atau kemampuan intelektual * Kecerdasan emosi memandang sesuatu dr aspek perasaan, spontanitas, kreatif, inovatif, holistik, integratif, rinestetik, kooperatif, dll 13. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Disiplin dan Keteraturan Kerja * Disiplin lebih merujuk pada sikap yang selalu taat kepada aturan, norma, dan prinsip-prinsip tertentu * Keteraturan lebih menunjukkan perilaku yang konsisten mengikuti ketentuan dan prosedur tertentu * Keteguhan dan Ketegasan * Keteguhan : kuat dalam berpegang pada aturan, nilai moral, prinsip-prinsip manajemen, dll * Ketegasan : sifat, watak, dan tindakan yang jelas dan tidak ragu-ragu 14. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Dedikasi dan Loyal Adalah sifat rela berkorban dan jiwa pengabdian terhadap instansi, bangsa, negara, dan taat serta setia dalam menjalankan tugas dan kewajibannya * Keberanian dan Kearifan * Keberanian diartikan sebagai berani menanggung risiko dalam membuat keputusan dg cepat dan tepat * Kearifan merupakan landasan membentuk nilai-nilai (baik dan buruk)  seseorang dapat memilih nilai yg cocok dalam manajemen 15. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Ketekunan dan Kesabaran * Ketekunan : teliti, rajin mendalami sesuatu pekerjaan yg secara konsisten dan berkelanjutan sesuai dengan komitmen yg disepakati * Kesabaran : tidak emosional, tidak tergesa-gesa, asalkan tercapai tujuannya tanpa mengorbankan kepentingan orang lain * Semangat dan Motivasi * Semangat adalah daya atau energi yang mendorong perilaku sampai pada tingkatan yang tertinggi * Motivasi lebih merujuk pada tujuan dari perilaku yang dasarnya adalah kebutuhan dari perilaku yang bersangkutan 16. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan) * Ilmu Pengetahuan dan Teknologi * Ilmu pengetahuan adalah hasil studi/penelitian baik murni maupun terapan yang bermanfaat bagi masyarakat * Teknologi adalah cara atau metode kerja untuk menghasilkan suatu produk barang/jasa yang dibutuhkan oleh suatu instansi dan masyarakat * Keadilan dan Keterbukaan Memperlakukan orang lain sesuai dgn fungsi, peran dan tanggung jawabnya, serta memperhatikan hak dan kewajiban masyarakat  tidak melakukan kegiatan secara tertutup dan tidak menimbulkan prasangka tidak baik 17. INDIKATOR KEBERHASILAN PBK * Ada komitmen dari pimpinan * Nilai-nilai dasar dapat dipahami dengan baik * Adanya saling percaya/bersikap terbuka * Budaya kerja terkait langsung dengan pelaksanaan tugas * Ada tindak lanjut yang nyata secara teratur dan berkelanjutan Harus memenuhi syarat-syarat : 18. Terima Kasih Selamat Bekerja dedesoelaemandedesoelaeman + Follow 8516 views, 5 favs, 2 embeds more Budaya Kerja adalah suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi kemudian tercermin dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai “kerja” atau “bekerja” Related * Budaya Kerja 2a Budaya Kerja 2a 3084 views * Related Construction Financing from SunTrust Mortgage Construction Financing from SunTrust Mortgage 579 views * Bab Iii Keterbukaan Keadilan Bab Iii Keterbukaan Keadilan 1300 views * Etika Organisasi Pemerintah Etika Organisasi Pemerintah 10244 views * 1171363 1171363 597 views * Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal 5392 views * Nilaidanetikapenjawatawam 090625114035-phpapp01 Nilaidanetikapenjawatawam 090625114035-phpapp01 102 views * Nilaidanetikapenjawatawam 090625114035-phpapp01 Nilaidanetikapenjawatawam 090625114035-phpapp01 297 views * Nilai Dan Etika Penjawat Awam Nilai Dan Etika Penjawat Awam 15179 views * KTSP SMP KTSP SMP 19978 views Recommended More by user * Dinamika Kelompok Prajab Gol. Iii Dinamika Kelompok Prajab Gol. Iii 2020 views * Budaya Kerja 2a Budaya Kerja 2a 3084 views * Etika Organisasi Pemerintah Etika Organisasi Pemerintah 10244 views * Budaya Kerja 1a Budaya Kerja 1a 5560 views View all presentations from this user About this presentation Usage Rights © All Rights Reserved Stats * 5 Favorites * 2 Comments * 225 Downloads * 8,439 Views on SlideShare * 77 Views on Embeds * 8,516 Total Views Embed views * 69 views on http://www.slideshare.net * 8 views on http://bdaskmd.blogspot.com Accessibility View text version Additional Details * Uploaded via SlideShare * Uploaded as Microsoft PowerPoint Flagged as inappropriate Flag as inappropriate Flag as inappropriate Select your reason for flagging this presentation as inappropriate. If needed, use the feedback form to let us know more details. Cancel File a copyright complaint Categories * Business & Mgmt * Education Follow SlideShare * Twitter * Facebook * SlideShare Blog 3 tweets 6 shares 0 shares WordPress Blogger More options

  1. BUDAYA KERJA BALAI DIKLAT APARATUR (BDA) SUKAMANDI DISAMPAIKAN DALAM RANGKA DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN II DAN III A T M N E N T A P R E E K A U L R N N K E A A I P D A N D E
  2. LANDASAN HUKUM
    • Keputusan Menpan Nomor SE/13/M.PAN/4/2004 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara Jo Keputusan Menpan Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002, 25 April 2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara
  3. KONDISI SOSIAL DEWASA INI
    • Kurang mematuhi aturan
    • Melawan APH
    • Tidak memperdulikan etika, kesopanan, & norma yg berlaku
    • Sikap arogran
    • Kurang disiplin
    • Kurang konsisten dlm tugas
    • Kurang peduli/menurunnya rasa tanggung jawab moral & profesional
    Akibatnya kepercayaan kepada pemerintah menurun Adanya Tuntutan Perubahan Perilaku Sosial LANGKAH2 KONSTRUKTIF: PERBAIKAN SIKAP PERILAKU MORAL DAN SEMANGAT SERTA PENGABDIAN MELALUI PBK-AN
  4. PENGERTIAN PBK UPAYA TERENCANA DAN SISTEMATIS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN/ PEMBANGUNAN PELAYANAN MASYARAKAT MENINGKATKAN KINERJA
    • Menumbuhkan
    • Menyadarkan
    • Mengembangkan
    • Menerapkan
    Nilai2 Budaya Kerja
    • Mengandung pola nilai, sikap, tingkah laku, hasil karsa dan karya termasuk instrumen, sistem kerja, kebudayaan serta bahasa yang digunakan
    • Berkaitan dengan persepsi terhadap nilai-nilai dan lingkungannya, melahirkan makna dan pandangan hidup yang akan mempengaruhi sikap dan tingkah laku dalam bekerja
    PENGERTIAN
    • Budaya merupakan hasil dari pengalaman hidup, kebiasaan serta proses seleksi (menerima/menolak) norma yang ada dalam cara berinteraksi sosial atau menempatkan dirinya di tempat tugas
    • Dalam proses budaya terdapat saling ketergantungan ( interdependensi ) baik sosial maupun non sosial
    PENGERTIAN (Lanjutan)
  5. TUJUAN DAN SASARAN PBK
    • ETIS
    • DISIPLIN
    • TERTIB
    • PROFESIONAL
    • BERAKHLAK MULIA
    • BERTANGGUNG JAWAB
    • PRODUKTIF
    • Menumbuhkembangkan nilai2 moral & budaya kerja produktif
    • Memperbaiki persepsi, pola pikir, dan perilaku aparatur negara
    • Meningkatkan kinerja aparatur negara
    • Memperbaiki citra aparatur negara
    MENCIPTAKAN TUJUAN
    • PENINGKATAN ETOS KERJA
    • TERTIB KERJA
    • PRODUKTIVITAS KERJA/KINERJA
    • KUALITAS YANMAS
    KARAKTER APARATUR SASARAN IKLIM/SUASANA KERJA
    • Memberikan tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk melakukan sesuatu
    • Mempermudah pembuatan keputusan
    • Menentukan cara melihat dan memahami persoalan
    • Memberikan arti, makna dan signifikasi masalah
    • Sifatnya sesaat dan permanen
    FUNGSI NILAI BUDAYA KERJA
    • Komitmen dan Konsisten (thdp Visi, Misi dan Tujuan Organisasi)
    NILAI-NILAI DASAR
    • Wewenang dan Tanggung Jawab
    Memegang teguh sepenuh hati dan berjanji melaksanakan tugas secara taat untuk mencapai tujuan Melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab dengan baik agar tidak ada pihak lain yang dirugikan
    • Keikhlasan dan Kejujuran
    • Rela sepenuh hati, tumbuh dari lubuk hati, dan tidak mengharapkan imbalan/balasan
    • Keberanian utk mengatasi dirinya sendiri, berani menolak dan bertindak melawan segala kebatilan
  6. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Integritas dan Profesionalisme
    • Integritas adalah tidak diragukan lagi serta selalu konsisten dalam kata dan perbuatan
    • Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar
    • Kreativitas dan Kepekaan
    • Kreatifitas berarti mempunyai ide-ide baru dan inovatif yang muncul spontan untuk hal penting dan mendesak
    • Kepekaan adalah respon seseorang atau organisasi dalam menghadapi suatu peristiwa yang dapat menguntungkan, merugikan atau membahayakan
  7. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Kepemimpinan dan Keteladanan
    • Kepemimpinan merupakan seni mengendalikan organisasi secara cerdik, pandai, berpengalaman, peka, proaktif, selalu dekat dgn yg dipimpin, visioner, dan bertindak selaku sumber perubahan dan pembaharuan
    • Keteladanan adalah sikap & perilaku baik sadar maupun tidak dari seorang pemimpin yg dipersepsikan oleh bawahannya sbg sesuatu yg mendorongnya utk mencontoh
    • Kebersamaan dan Dinamika Kelompok
    • Kebersamaan adalah sikap/perilaku sekelompok orang yg secara bersama-sama menunjukkan tingkah laku secara spontan
    • Dinamika kelompok adalah cara kerja kelompok yg dinamis, kreatif, dan sinergis dlm melayani dan atau mencapai sasaran kerja secara menyeluruh
  8. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Ketepatan dan Kecepatan
    • Ketepatan adalah mengena sasaran, mencapai tujuan, ketelitian, dan bebas kesalahan
    • Kecepatan merupakan penggunaan waktu secara efisien
    • Rasionalitas dan Kecerdasan Emosi
    • Rasionalitas adalah berpikir cerdas, obyektif, logis, sistematik, dan melibatkan proses ilmiah atau kemampuan intelektual
    • Kecerdasan emosi memandang sesuatu dr aspek perasaan, spontanitas, kreatif, inovatif, holistik, integratif, rinestetik, kooperatif, dll
  9. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Disiplin dan Keteraturan Kerja
    • Disiplin lebih merujuk pada sikap yang selalu taat kepada aturan, norma, dan prinsip-prinsip tertentu
    • Keteraturan lebih menunjukkan perilaku yang konsisten mengikuti ketentuan dan prosedur tertentu
    • Keteguhan dan Ketegasan
    • Keteguhan : kuat dalam berpegang pada aturan, nilai moral, prinsip-prinsip manajemen, dll
    • Ketegasan : sifat, watak, dan tindakan yang jelas dan tidak ragu-ragu
  10. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Dedikasi dan Loyal
    Adalah sifat rela berkorban dan jiwa pengabdian terhadap instansi, bangsa, negara, dan taat serta setia dalam menjalankan tugas dan kewajibannya
    • Keberanian dan Kearifan
    • Keberanian diartikan sebagai berani menanggung risiko dalam membuat keputusan dg cepat dan tepat
    • Kearifan merupakan landasan membentuk nilai-nilai (baik dan buruk)  seseorang dapat memilih nilai yg cocok dalam manajemen
  11. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Ketekunan dan Kesabaran
    • Ketekunan : teliti, rajin mendalami sesuatu pekerjaan yg secara konsisten dan berkelanjutan sesuai dengan komitmen yg disepakati
    • Kesabaran : tidak emosional, tidak tergesa-gesa, asalkan tercapai tujuannya tanpa mengorbankan kepentingan orang lain
    • Semangat dan Motivasi
    • Semangat adalah daya atau energi yang mendorong perilaku sampai pada tingkatan yang tertinggi
    • Motivasi lebih merujuk pada tujuan dari perilaku yang dasarnya adalah kebutuhan dari perilaku yang bersangkutan
  12. NILAI-NILAI DASAR (Lanjutan)
    • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    • Ilmu pengetahuan adalah hasil studi/penelitian baik murni maupun terapan yang bermanfaat bagi masyarakat
    • Teknologi adalah cara atau metode kerja untuk menghasilkan suatu produk barang/jasa yang dibutuhkan oleh suatu instansi dan masyarakat
    • Keadilan dan Keterbukaan
    Memperlakukan orang lain sesuai dgn fungsi, peran dan tanggung jawabnya, serta memperhatikan hak dan kewajiban masyarakat  tidak melakukan kegiatan secara tertutup dan tidak menimbulkan prasangka tidak baik
  13. INDIKATOR KEBERHASILAN PBK
    • Ada komitmen dari pimpinan
    • Nilai-nilai dasar dapat dipahami dengan baik
    • Adanya saling percaya/bersikap terbuka
    • Budaya kerja terkait langsung dengan pelaksanaan tugas
    • Ada tindak lanjut yang nyata secara teratur dan berkelanjutan
    Harus memenuhi syarat-syarat :
  14. Terima Kasih Selamat Bekerja
8516 views, 5 favs, 2 embeds more

About this presentation

Usage Rights

© All Rights Reserved

Stats

  • 5 Favorites
  • 2 Comments
  • 225 Downloads
  • 8,439 Views on
    SlideShare
  • 77 Views on
    Embeds
  • 8,516 Total Views

Embed views

  • 69 views on http://www.slideshare.net
  • 8 views on http://bdaskmd.blogspot.com

Accessibility

Additional Details

Flag as inappropriate
Flag as inappropriate Select your reason for flagging this presentation as inappropriate. If needed, use the feedback form to let us know more details.
Cancel

Follow SlideShare

Minggu, 22 Agustus 2010

pengertian kearsipan

Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.


Saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Bila arsip-arsip tersebut tidak bernilai guna lagi, maka harus dimusnahkan.



Kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan bagi organisasi. Mengingat arti pentingnya pemerintah Indonesia menaruh perhatian yang cukup besar terhadap kearsipan. Hal ini terbukti dengan diperlukannya beberapa peraturan perundangan yang mengatur tentang kearsipan Nasional.

Adapun keunggulan dan fungsi yang dapat dilihat dari sistem penanganan kearsipan setiap organisasi, yaitu:



1) Aktifitas kantor/organisasi akan berjalan dengan lancar.

2) Dapat dijadikan bukti-bukti tertulis apabila terjadi masalah.

3) Dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi secara tertulis

4) Dapat dijadikan bahan dokumentasi

5) Dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya

6) Sebagai alat pengingat

7) Sebagai alat penyimpanan warkat

8) Sebagai alat bantu perpustakaan diorganisasi apabila memiliki perpustakaan

9) Merupakan bantuan yang berguna bagi pimpinan dalam menentukan kebijaksanaan organisasi

10) Kearsipan berarti penyimpanan secara tetap dan teratur warkat-warkat penting mengenai kemajuan organisasi.



Sistem Pengelolaan Kearsipan yang sesuai





Dalam perkembangan dan kemajuan manajemen administrasi kantor sekarang ini hampir dapat dipastikan bahwa segala sesuai tergantung kepada warkat/dokumen. Baik itu didunia perusahaan pemerintahan atau swasta. Warkat dianggap sangat berperan penting dalam proses kegiatan organisasi.

Dan sistem yang sering dan masih berlaku di instansi-instansi diantaranya:

? Sistem sentralisasi merupakan kearsipan dimana semua surat perusahaan disimpan dalam satu ruangan bukan dalam kantor terpisah.

? Sistemj desentralisasi adalah sistem kearsipan yang dalam pelaksanaannya tidak dipusatkan pada satu unit kerja, karena masig-masing unit pengolah menyimpan arsipnya.

Dari segi pengelolaan arsip/filling yang berfungsi sebagai inti dari sebuah kegiatan setiap organisasi dan berguna membantu bagi pimpinan untuk menentukan kebijaksanaan. Perusahaan/organissasi kearsipan berarti penyimpanan secara tetap dan teratur warkat-warkat penting mengenai kemajuan sistem perusahaan.



Sistem penyimpanan arsip yang sesuai





Filling adalah salah satu kegiatan pokok galam bidang kearsipan. Filling dapat diartikan suatu proses penciptaan. Pengumpulan, pemeliharaan, pengaturan, pengawasan, penyusunan dan penyimpanan. Cara atau metode yang sistematis sehingga warkat tersebut dengan mudah cepat dan tepat dapat ditemukan kembali apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sistem penyimpanan yang sesuai diantaranya:

• Sistem abjad merupakan suatu sistem dan penemuan kembali warkat-warkat berdasarkan abjad

• Sistem masalah merupakan suati sistem penemuan dan penyimpanan kembali menurut isi pokok atau perihal surat.

• Sistem nomor merupakan pemberian nomor yang terdapat pada folder

• Sistem tanggal merupakan penyimpanan surat berdasarkan tanggal, hari, bulan/tahun tanggal dijadikan kode surat.

• Sistem Wilayah merupakan menyimpanan berdasarkan daerah/wilayah surat yang diterima.

Filling sistem suatu rangkaian kerja yang teratur agar dapat dijadikan untuk penyimpanan arsip sehingga saat diperlukan arsip tersebut dapat dan tepat ditemukan. Banyak istilah yang digunakan para ahli dalam membahas filling sistem seperti sistem kearsipan, manajemen kearsipan, record manajemen dan lain lain.

Menurut asrip nasional, filling / memfile adalah cara mengatur dan menata berkas dalam susunan yang sistematis dan menurut Ensiklopedia Administrasi; Filling adalah suatu bentuk pekerjaan tata usaha yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bilamana diperlukan lagi, warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara tepat.